12 Bahaya Radiasi Ponsel Bagi Kesehatan

Bahaya Radiasi Ponsel. Jaman sekarang hampir tidak ada yang bisa lepas dari ponsel sebagai alat komunikasi. Perangkat seluler satu ini banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi saja, tapi juga sarana gaming, multitasking hingga bisnis. Banyaknya manfaat ponsel yang hampir membantu seluruh aktivitas dengan cepat, bisa dibilang tiada hari tanpa HP. Namun, disamping manfaatnya, ponsel juga memiliki sisi negatif bagi kesehatan yang berbahaya. 
Bahaya Radiasi Ponsel
Bahaya Radisi Ponsel
Ketergantungan akan pengguna handphone semakin tinggi seiring peningkatan penjualan produk baru tiap tahunnya. Bahaya radiasi HP pun dipertanyakan hingga munculnya desas desus radiasi HP bisa memicu kanker. Hal ini semakin parah dengan semakin banyaknya pengguna HP dengan waktu pemakaian yang tinggi. 

Ponsel memiliki gelombang elektromagnetik, sejenis radiasi non-ionisasi level rendah yaitu dibawah 1,6watt/kg. Radiasi gelombang radio yang dikirimkan maupun diterima bisa menyebar ke segala arah termasuk tubuh. Efek radiasi ponsel memang belum memiliki bukti ilmiah yang bisa memastikan resiko kanker. Namun, satu-satunya hal yang bisa dibuktikan dari efek radiasi adalah peningkatan panas pada beberapa tubuh seperti kepala dan telinga yang dekat dengan HP saat digunakan. 

Dampak Radiasi handphone terhadap tubuh : 

1. Kesuburan Pria Terganggu
Pria yang menggunakan hands-free saat menelepon cenderung menaruh handphone pada saku celana atau menyelipkannya pada ikat pinggang.  Radiasi smartphone dapat mengganggu kelancaran peredaran darah di sekitar alat reproduksi pria dan mampu menurunkan kualitas sperma. Cepat atau lambat, gairah seksual akan terus menurun. Jika kebiasaan tidak dikurangi, pria yang sehat pun dapat terancam mandul. Namun data penelitian mengenai temuan ini masih belum konsisten dan masih perlu ditinjau lebih lanjut.

2. Kerusakan Otak
Kerusakan otak adalah bahaya radiasi smartphone paling klasik yang diderita hampir oleh seluruh manusia. Gelombang radiasi yang dipancarkan ponsel pada umumnya dapat menembus ruang hampa udara, bahkan dapat menembus jaringan otak. Jika digunakan terus menerus, bisa menyebabkan glikoma dan memicu munculnya sel otak akustik neuroma.

3. Kanker Kulit 
Secara tidak langsung, pancaran radiasi akan meningkatkan suhu pada permukaan kulit serta merubah pigmentasi. Jika dibiarkan, ini akan memicu sel tubuh mengalami perubahan karakter menjadi sel kanker.

4. Katarak
Jika pengguna sering menggunakan ponsel mereka untuk menelepon berjam-jam, radiasi yang dipaparkan akan masuk kedalam rongga telinga dan menghambat sirkulasi darah. Tanpa disadari, kornea mata sedikit demi sedikit akan mengalami penurunan kinerja, seperti kemampuan mengatur suhu dan air. Hal ini akan menimbulkan penyakit katarak karena radiasi hp memicu pemadatan kabut yang akan menghalangi kornea.

5. Serangan Jantung
Kebanyakan anak millenial sekarang, mereka sering menggunakan ponsel hingga terlelap tidur. Otomatis, letak ponsel akan berdekatan dengan jantung. Hal itu akan menyebabkan aliran darah tersendat, dan kinerja otot jantung akan mengalami tekanan.

6. Terserang Alzheimer
Paparan radiasi hp yang melewati rongga telinga akan menyebar kejaringan otak lebih dalam. Akibatnya, seseorang  akan menjadi linglung, sering lupa, bahkan daya ingatnya menurun.

7. Gangguan Pada Janin
Radiasi handphone dapat memengaruhi lapisan pelindung yang mengelilingi sel saraf otak pada janin. Radiasi menembus jaringan janin dan langsung mempengaruhi kenormalan organ tubuh janin yang sedang terbentuk.  Selain itu, anak yang terlahir dari ibu hamil yang terekspos handphone diduga dapat mengalami gangguan perilaku, seperti sulit bergaul, hiperaktif, dan menjadi anak yang tidak peka. Meski begitu, ada pula hasil penelitian yang tidak menemukan data valid mengenai kaitan kedua hal itu.

8. Kerusakan Tubuh Pada Anak-anak
Anak-anak lebih mudah terpapar radiasi handphone ketimbang orang dewasa karena tengkorak anak lebih tipis, jaringan otak anak lebih mudah menyerap, serta ukuran tubuh anak lebih kecil. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa radiasi gelombang radio dari handphone memiliki dampak pada terbentuknya kelainan jaringan dan metabolisme sel-sel saraf di otak. Akan tetapi, dampak lebih lanjut pada tumbuh kembang anak masih belum dapat disimpulkan dengan jelas.

9. Sakit Kepala
Sering sakit kepala bahkan vertigo (merasa diri dan sekeliling berputar-putar), bisa disebabkan oleh smartphone yang kamu letakkan terlalu dekat dengan kepala. Energi negatif RF akan terkumpul dan mudah masuk ke otak sehingga juga menyebabkan muntah-muntah.

10. Insomnia
Radiasi yang terpancar karena penggunaan smartphone yang berjam-jam menyebabkan saraf-saraf sekitar kepala dan wajah menjadi tegang, aliran darah tersendat-sendat. Tubuh akan terasa mudah lelah dan kekurangan energi karena kurangnya cairan tubuh. Ketika ingin beristirahat, terasa gelisah yang berlebihan sehingga sulit untuk tidur.

11. Merusak Ginjal
Kebiasaan menyimpan smartphone di saku berbahaya kareana dapat mengganggu kinerja ginjal. Paparan radiasi dapat masuk ke pembuluh darah ginjal secara bertahap, sehingga tugasnya untuk menyaring cairan tubuh terganggu.

12. Kanker Payudara
Menyimpan smartphone yang dalam keadaan aktif di dalam saku dada dapat memicu kanker payudara. Radiasi akan menembus jaringan kelenjar susu dan memicu pertumbuhan sel kanker pada jaringan payudara. Ini tidak terjadi secara langsung, tetapi akan terakumulasi selama betahun tahun, kemudian mengaktifkan sel kanker dan mempercepat munculnya kanker payudara.

Selama ini hubungan radiasi handphone dan kanker masih kontrpversial. Hingga kini belum ada bukti kuat yang menyatakan radiasi handphone dapat meningkatkan risiko terkena kanker. Berdasarkan penelitian dan observasi para ahli dari berbagai organisasi kesehatan termasuk Badan Kesehatan Dunia (WHO), radiasi handphone sejauh ini diperkirakan mungkin dapat berdampak kanker pada manusia. 

Bahaya Radiasi Ponsel

Lalu bagaimana cara mengurangi dampak buruk bahaya radiasi ponsel?

Meminimalkan Dampak Radiasi Handphone :

  1. Gunakan handphone seperlunya dan hanya bila dibutuhkan. Batasi memainkan HP terutama saat berinteraksi dengan orang lain.
  2. Pakai hands-free atau pengeras suara ketika menerima panggilan. Saat menelepon memakai hands-free, jangan menaruh handphone pada saku celana atau saku baju.
  3. Jauhkan handphone dari tubuh ketika tidak digunakan.
  4. Saat berpergian, disarankan agar meletakkan HP di dalam tas dan jangan letakkan HP di saku celana atau baju. Hal itu karena antena ponsel tetap terhubung dan memancarkan energi radio frequency (RF), meski tidak digunakan. 
  5. Hanya gunakan handphone saat sinyal kuat. Sinyal lemah membuat handphonemenggunakan lebih banyak energi untuk berkomunikasi.
  6. Disarankan untuk berkomunikasi melalui pesan singkat ketimbang telepon untuk mengurangi pajanan radiasi.
  7. Ketika sedang menggunakan layanan streaming atau mengunduh file besar, maka jauhkan HP tersebut dari tubuh.
  8. Jangan membiarkan anak berlama-lama bermain handphone. Gunakan seperlunya saja karena otak anak masih dalam tahap perkembangan.

Pada dasarnya, efek buruk radiasi handphone pada kesehatan masih merupakan hipotesis dan masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui dampak radiasi handphone pada kesehatan. Meski begitu, tetap batasi penggunaan handphone yang berlebihan guys, untuk menekan resiko bahaya radiasi HP. Semoga artikel Bahaya Radiasi Ponsel bermanfaat!.