Dampak Negatif Melakukan Upgrade OS Android

Dampak Upgrade Android. Banyak yang berfikir bahwa upgrade android ke versi yang lebih tinggi. Pada beberapa tipe smartphone, memang ada yang upgradeable  dan ada pula yang tidak. Biasanya, versi yang lebih tinggi justru tidak disupport oleh pihak vendor android itu sendiri, sehingga banyak keluhan dari pengguna yang sudah melakukan upgrade demi keinginannya. Padahal, efek buruk upgrade android juga bisa mengganggu kinerja ponsel baik secara sistem maupun kinerja keseluruhan. 
Dampak Upgrade Android
Upgrade android memang bisa memberi keuntungan seperti mendapatkan fitur baru, memperbaiki error maupun bug yang muncul versi lama dan sistem keamanan terbaru. Jadi, jika kamu berniat upgrade andoid, sebaiknya disupport dari pabrikan ponsel pembuatnya, kernel maupun sistem. Sudah banyak tipe android yang otomatis melakukan update sistem bawa'an yang justru membuat kinerja smartphone lebih maksimal dengan tampilan terbaru. 

Bicara tentang upgrade android tentu membicarakan tentang pembaruan perangkat lunak. Nah, secara umum, perangkat lunak dibagi menjadi 9 kategori yang terdiri dari :
  1. Perangkat lunak aplikasi seperti pengolah kata, lembar label hitung, pemutar media dan paket aplikasi perkantoran.
  2. Sistem operasi 
  3. Perkakas pengembangan seperti kompilator untuk bahasa pemrograman.
  4. Pengendali perangkat keras/
  5. Firmware seperti yang dipasang di jam tangan digital.
  6. Perangkat lunak bebas.
  7. Perangkat lunak gratis freeware.
  8. Perangkat lunak uji coba.
  9. Perangkat lunak perusak / malware.



Fungsi dari perangkat lunak adalah menghasilkan data atau perintah dalam sistem yang dijalankan. Bisa juga sebagai sarana informasi yang menjembatani pengguna.


Jika kamu memiliki android, tentu akan mendapatkan pembaruan perangkat lunak. Seperti permbaruan dari OS Lolipop menjadi OS Masmellow, OS Oreo menjadi OS Pie, dan lain sebagainya. Pembaruan perangkat lunak bawa'an dari smartphone tentu sangat penting karena membawa beberapa perubahan yang signifikan. Namun, untu pembaruan bukan bawaan atau ilegal, tentu akan merugikan.

Banyak pengguna smartphone yang selalu ingin upgrade android ke sistem yang baru, hingga upgrade iOs ke tingkat yang lebih tinggi. Padahal, upgrade tanpa dukungan penyedia, akan memakan banyak memori internal ponsel dan membuat kinerja android menurun.

Proses pembaruan atau upgrade android memang hal yang umum, apalagi andoid sudah digunakan banyak orang didunia. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi resiko bug setelah upgrade. Kebanyakan pengguna yang memiliki android dengan memori besar, cukup percaya diri melakukan upgrade android setelah mebackup data sekaligus menggunakan firmware dari sumber yang terpecaya. Namun hal tersebut tidak menjamin 100% android kamu bebas bug.

Ada beberapa dampak upgrade android yang merugikan jika kamu berniat upgrade andoid tanpa dukungan pembuatnya, yaitu :
  1. Upgadre android akan memaksa memori yang pas-pas'an bekerja meload berbagai perangkat sistem yang diperlukan dengan kapasitas yang cukup besar, sehingga menyebabkan kinerja ponsel menurun dan semakin lemot.
  2. Kapasitas memori terpangkas banyak.
  3. Prosesor semakin panas karena bekerja ekstra.
  4. Beberapa aplikasi gagal loading.
  5. Fungsi telepon atau sms tidak sesempurna seperti versi bawaan.
  6. Adanya virus yang tertanam di program yang tertanam di emulator upgrade.
  7. Sound dan fokus kamera bisa mengalami perubahan yang disebabkan virus. Sound bisa mengecil atau membesar dan fokus kamera menurun dari sebelumnya.
  8. Kadang menu tidak seperti yang diharapkan karena loading yang gagal.
  9. Baterai HP menjadi cepat habis atau ngedrop dan membutuhkan waktu lebih lama untuk dicharge.
  10. Dalam beberapa kasus, sinyal hilang.


Hal-hal tersebut terjadi hanya jika kamu melakukan upgrade tanpa support dari pabrikan android tersebut. Faktanya sedikit sekali pengguna smartphone yang sudah melakukan update ke versi yang lebih tinggi menjadikan ponselnya bermasalah. Malah sebaliknya, kinerja semakin baik dan meningkat. Tentu saja hal ini mungkin salah satunya adalah sudah disupport dari pabrikan android tersebut.


Melakukan upgrade ke tingkat yang lebih tinggi dan tidak disupport oleh sang vendor akan banyak menyisakan sisi kekurangan dan kelemahan dari gadget android tersebut. Namun kekurangan melakukan upgrade android ke versi lebih tinggi seharusnya tidak menghalangi penggunanya untuk melakukan update firmware. Dimana Firmware dengan versi yang lebih tinggi akan menutup berbagai celah keamanan, Bug dan juga kekurangan sistem agar bekerja lebih optimal.

Pembaruan perangkat lunak atau upgrade android ke versi yang lebih tinggi itu perlu jika kamu ingin android lebih aman, lebih cepat dan memiliki tampilan menarik. Namun jika kamu hanya menggunakan ponsel sebatas chating, streaming, telefon dan sms, sebaiknya tidak perlu.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, setiap android akan menerima pembaruan perangkat lunak dan support dengan tipe dan didukung oleh vendor pembuatnya. Jadi kesimpulannya, tidak perlu upgrade jika tidak didukung oleh pabrikan android tersebut, kecuali jika kamu ingin mendapat salah satu dari dampak upgrade android tersebut diatas.

Semoga artikel dampak upgrade android bermanfaat guys!.